Trik Teknik SEO | Trik Dagang Online

Pages

Silahkan Lihat Page Rank Blog Anda

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by PRChecker.info service

Selasa, 15 September 2015

Trik Teknik SEO

Hasil gambar untuk SEO      Sudahkah Anda mempunyai blog atau website ? Anda bingung, karena pengunjungnya terlalu sedikit, Kenapa ? sedangkan  blog atau website Anda sudah sempurna, templatenya bagus dan profesional, Link maupun navigasi blok juga sempurna, tapi misalkan pengunjungnya sangat sedikit  rasanya ada yang kurang. Penyebabnya mungkin kurang mendalami ilmu SEO baik secara sederhana sekali sampai mahir menjalani teknis SEO. Oleh karena itu saya akan mencoba menjabarkan kepada Anda rahasianya  teknik ampuh meng-optimalkan Search Engine agar blog kita mendapatkan page range dengan hit yang tinggi.

Apakah SEO ?
     SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization yaitu langkah proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan trafik dari search engine menuju alamat web tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut.

     Tujuan utama SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian search engine(10 besar SERP) berdasarkan subyek atau keyword tertentu. Secara logis, alamat situs / blog  yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak..

     Yang harus diperhatikan adalah platform blog dan script yang digunakan untuk membangun blog apakah HTML, XHTML, ASP, PHP,CGI, dll,  akan mempengaruhioptimasi SEO, apakah blog yang anda gunakan platform wordpress atau blogger (blogspot) atau CMS lainnya . Karena wordpress dan blogspot dibangun oleh platform script yang berbeda, jadi ada beberapa hal yang mungkin berbeda dalam cara 
optimasi SEO
-nya.



     Dalam blog online bisnis ini saya mencoba membuat berapa postingan yang berhubungan dengan SEO atau teknik seo untuk blog/website. Saya tidak bermaksud menggurui Anda, karena saya juga hanyalah seorang pemula yang pernah gagal dalam menjalani bisnis di internet. Saya hanya memberikan gambaran buat teman-teman yang masih pemula metode-metode dasar yang mungkin akan berguna jika diterapkan di blog dengan platform blogspot maupun di script plat form website.

    Pada dasarnya teknis SEO dikelompokkan menjadi 2 tahapan, yaitu SEO onpage (teknik SEO yang dilakukan pada halaman blog atau segala teknis SEO yang berada didalam website/blog), dan SEO off page (teknik SEO yang diterapkan di luar halaman blog), saya sarankan anda melakukan tahap pertama kemudian lanjut ke tahap kedua, atau bisa juga melakukan secara simultan.

     Berarti extractnya bahwa teknis SEO adalah usaha kita untuk meningkatkan pengunjung atau traffic dari search engine seperti GoogleYahoo maupun MSN. Berarti sebelum kita menjalani SEO kita harus terlebih dahulu merakit web atau blog kita dengan menggunakan strategy SEO untuk diluncurkan ke search engine sepertigoogle, yahoo, MSN dan Social BookMark atau site directory. Dan usaha kita untuk  memanfaatkan dan mengoptimalkan search engine agar dapat meningkatkan pengunjung atau traffic ke web atau blog kita adalah suatu teknis SEO.

     Sebelum Anda mempelajari lebih dalam tentang SEO , Anda harus mengerti  juga apa itu  ON Page SEO, OFF Page SEO, Black SEO, White SEO, Link, Anchor Text,  Pagerank, Nofollow, Dofollow, memilih Keywords dan design web yang SEO Friendly. Agar mempermudah Anda dalam menyempurnakan ilmu Anda mengenai SEO . 
On Page SEO, adalah segala teknis SEO yang berada dalam website atau blok kita :

1. Perhatikan isi dari pada blog atau web Anda dengan teknis dasar SEO
Pertama Kali setelah buat blog/website yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
1. Tittle atau Judul postingan,
     Pilih topik atau judul utama blog Anda yang benar-benar Anda kuasai, agar content terlihat original, sajikan dengan bahasa yang bersahabat. Pilihlah judul blok atau web Anda yang Niche ( bersifat society) dan yang umum yang sering dicari orang. Sesuaikan antara judul atau tittle dengan keyword dan tag keyword yang akan diindeks oleh search engine nantinya. Perhatikan heading yaitu Title atau judul utama website/blog Anda. Sesuaikan Judul/Title dengan keywords yang akan anda optimisasi.

2.  Tag Keyword
Perhatikan dalam menentukan Tag dan Keywords yang sesuai dengan Isi Blog anda. Contohnya berikut  ini :
<meta name=“keywords” content=“sukses bisnis online, belajar mudah seo,tips bisnis online, blog online bisnis, langkah awal bisnis online, cara cerdas meningkatkan pagerank” />
Tentukan Tag untuk Description blog anda. Seperti contoh berikut ini :
<meta name=”description” content=”Cara Sukses Bisnis Online” />

3. Link Navigasi  blok atau web harus tersusun secara rapi supaya mudah dilihat dan tidak membingungkan pengunjung dan menghindarkan error pada saat indeks  content oleh search engine.

4. Broken Link, pastikan tidak ada link yang rusak di blog Anda, agar tidak terjadi error pada saat diindeks oleh search engine.

5. Domain mengandung Keyword, Buatlah nama domain untuk blog atau web Anda dengan ringkas, mudah diingat dan yang penting mengandung teknis SEO keyword.

2.  Perhatikan isi postingan atau isi artikel pada blog Anda
  1. Perbanyak postingan dengan page tertentu sangat mempengaruhi dalam mengoptimalkan posisi Anda pada search engine.
  2. Perhatikan judul postingan atau page pada artikel Anda, usahakan agar judul page artikel Anda mengandung 250 kata pertama pada index keywords.
  3. Perbanyak Redirect pada link yang menuju pada web atau blog Anda, karena pada search engine untuk memberi penilaian pada sebuah website apakah website tersebut layak ditempatkan pada halaman pertama atau tidak adalah dengan menilai berapa banyak link yang mengarah ke website Anda, maka semakin tinggi posisi Anda pada search engine.
  4. Penggunaan Bold, Italic, tanda kutip, Underline, perbedaan warna sangat berpengaruh besar dalam mengoptimalkan suatu keyword.
  5. Memanipulasi keyword pada website atau blok Anda, untuk memanipulasi keyword pada website, Anda dapat menambahkan script pada website Anda. Anda dapat mencari beberapa keyword yang efektif dengan cara menggunakansoftware pencari keyword .
Setelah proses diatas Anda jalani lanjutkan dengan mendaftarkan website atau blog Anda ke search engine Google, Yahoo dan MSN dan Social BookMarking  sepertiTechnoratti, digg.com, Dmoz.com, myspace.com, myblogblog.com.

OFF Page SEO, adalah Segala Teknik SEO yang ada diluar website :
  1. Link Exchange atau tukeran link, cara ini sudah terbukti dan banyak digunakan blogger . Ampuh meningkatkan Page Range ( PR ), Tipsnya adalah bertukar link dengan blok yang topiknya sama dengan blok atau website kita, ada baiknya bertukar link dengan blok yang page ranknya lebih tinggi.
  2. Berikan Anchor Text yang tepat saat tukeran link atau memberikan backlinkpada artikel anda yang sudah lama. Anda juga harus memperhatikan Anchor Text pada saat membuat link ke arah website Anda. Kenapa website Adobe berada pada peringkat tertinggi di google untuk kata kunci “click here” itu, karena banyak sekali website yang terdapat link ke arah halaman itu dengan kata: Download Adobe Reader, click here. Kata “click here” tersebut yang disebut Anchor text karena berupa link. Usahakan link yang mengarah ke website Anda sesuai dengan keyword yang menjadi sasaran Anda.
  3. Stay up to date, Pengguna internet umumnya bertujuan mencari informasi terbaru diblok yang mereka kunjungi, buat blok Anda up to date. 
  4. Adanya One way Backlink (Backlink satu arah) kepada artikel yang memiliki topik yang sama, sangat berpengaruh besar kepada Index anda di Search Engine.
  5. Iklan Baris, Situs iklan baris memiliki posisi yang cukup strategies untuk mempromosikan blok atau website kita di mata mesin pencari.
Black SEO,  adalah hal-hal yang dilarang pada SEO, jika Anda menjalankan larangan ini, maka website Anda akan di-blacklist search engine ( tidak diindeks ) :
  1. Membuat doorway, yaitu halaman khusus buat search engine yang tidak berguna bagi pengunjung situs Anda.
  2. Memasang link di website Anda yang termasuk kategori “ bad neighborhood ”,yaitu situ-situs yang sudah di-blacklist ( termasuk link farm ).
  3. Mengikuti program paid link.
  4. Content pada blog Anda sama persis dengan isi blog lain
  5. Membangun link dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu singkat. 
Search engine saat ini sudah semakin canggih, buatlah website atau blog Anda berbobot dan berguna bagi pengunjung, maka website Anda akan banyak dikunjungi orang dari seluruh dunia.
White SEO, teknis SEO yang diizinkan oleh Search Engine atau teknis SEO yang tidak melanggar aturan Search Engine seperti :
  • Halaman yang unik, asli, bermutu (bukan copy paste dari sumber lain)
  • Halaman yang didesign untuk manusia, bukan untuk search engine.
  • Link dalam halaman tersebut berhubungan dengan isinya.
  • Metadata (title, description, keyword) yang benar-benar mendeskripsikan isi.
  • Design web yang baik secara umum.
Search Engine tidak menyukai ( halaman ini akan hilang dari database mesin pencari atau berada di urutan paling buncit ) :
  • Halaman yang mempengaruhi keakuratan atau relevansi search result.
  • Halaman yang redirect ke halaman lain (doorway)
  • Banyak situs atau halaman yang isinya sama.
  • Halaman yang sebagian besar isinya berisi atau link ke halaman website lain, misalnya isinya tentang program-program afiliasi.
  • Web dengan jumlah hostname virtual yang sangat banyak.
  • Halaman yang sangat banyak, dibuat secara otomatis tanpa isi yang bernilai (cookie-cutter pages)
  • Halaman yang menggunakan metode artifisial (buatan) untuk mempengaruhi search engine rangking.
  • Halaman yang menggunakan teks atau link yang tidak terlihat pengunjung.
  • Halaman yang berbeda dilihat search engine dan pengunjung normal(cloaking).
  • Terlalu banyak link ke situs lain untuk mempopulerkan situs tersebut ( link schemes ).
  • Halaman yang dibuat dengan tujuan utama untuk Search Engine dengan banyak keyword dan tidak relevan.
  • Penggunaan nama atau merek yang bukan haknya.
  • Situs yang membuka banyak pop-ups, menginstall malware, spyware, virus, trojans, atau mempengaruhi user navigation browser pengunjung.
  • Halaman yang terlihat seperti kecurangan atau penipuan
PageRange ( PR ), adalah tingkat  traffic yang berasal dari search engine, semakin hit yang tinggi pada PR kita besar kemungkinan  banyaknya pengunjung ke blog atau website kita. Pagerank merupakan ukuran penting atau tidaknya sebuah halaman web yang dibuat oleh Google. Semakin banyak halaman web lain yang link ke halaman tersebut, maka Pagerank akan semakin tinggi. Google mengkombinasikan jumlah link dan kualitas isi untuk mengurutkan peringkat web dalam search engine. PR terendah adalah 0 dan tertinggi adalah 10.
PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan  Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.
Cara kerja Page Rank
Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.
Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.
Konsep kerja Page Range
Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan padacontent dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan.Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkaninbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar